October 11, 2012

Versi materi oleh Eni A dan Tri H


Bagaimana Konsep dasar SIG ? Mungkin istilah SIG masih terasa asing bagimu. Tetapi, mungkin tanpa kamu sadari kamu telah menerapkan konsep dasar SIG dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan kamu telah menikmati produk-produk teknologi informasi tersebut. Pada saat menggambarkan peta maupunmembuat suatu peta tematik, kamu telah menerapkan sebagian dari konsep dan tahapan dalam SIG secara sederhana. Lalu, bagaimana sebenarnya konsep dasar dan tahapan kerja dalam SIG?



Konsep Dasar SIG

Masalah lokasi merupakan hal penting dalam geografi. Misalnya kamu diberikan pertanyaan, ”Di mana kamu parkir?” Mungkin pertanyaan ini merupakan pertanyaan yang sering kita dengar. Meskipun kelihatan sepele, pertanyaan ini merupakan salah satu contoh bentuk pengenalan lokasi yang mendasar dalam geografi. Untuk menjawabnya tentu saja kamu harus benar-benar mempunyai datadata sekeliling tempat kamu parkir.

Begitu juga saat kita terlibat percakapan mengenai suatu peristiwa yang sedang hangat. Kita akan mengutip informasi yang diambil dari memori otak kita maupun informasi tambahan dari luar yang diolah oleh otak menjadi informasi spasial. Hal ini membutuhkan penggabungan dari sejumlah informasi tentang suatu masalah. Jadi, pertanyaan-pertanyaan seperti: Di mana Anda parkir tadi? Apakah dekat dengan tanda tertentu? Apakah dekat atau menghadap gedung? Apakah dekat atau jauh dengan pintu masuk gedung?

Untuk menjawab pertanyaan ini melibatkan pencarian pada peta imajinasi atau mental map, berdasarkan apa yang telah terekam pada otak kita. Dalam penggambaran peta imajinasi ini, media yang tepat untuk penyampaiannya adalah peta dengan informasi-informasi yang bersifat keruangan. Inilah yang menjadi jantung dari ilmu dan teknologi SIG. Dari contoh tadi, apa yang kamu lihat di sekitar lingkungan parker merupakan masukan data. Rekaman data tersimpan pada otak yang dalam SIG digunakan komputer. Oleh komputer berbagai data masukan diolah, dianalisis, diklasifikasi sehingga menghasilkan informasiinformasi yang lebih detail. Informasi tersebut bisa disajikan dalam bentuk peta beserta grafik, tabel, dan sebagainya.

Pembahasan mengenai SIG erat kaitannya dengan konsep pemetaan. Peta merupakan gambaran hasil observasi dan pengukuran. Informasi keruangan keadaan muka Bumi yang digambarkan dalam peta dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Data yang dimasukkan ke dalam peta dapat berupa data titik, garis, bidang, atau area. Penggambaran data ke dalam peta dapat kamu lakukan secara manual. Namun, penyajian kondisi muka Bumi dengan cara manual akan mengalami berbagai hambatan ketika dilakukan perbaikan informasi maupun penggabungan dengan informasi dari sumber lainnya.

Pada kondisi seperti ini pemakaian teknologi sistem informasi akan sangat menguntungkan. Mengapa? Ketika kamu membuat peta secara manual, untuk menghasilkan peta daerah yang sama dengan tema lain kamu harus menggambarkannya kembali. Kamu pun harus memadukan peta lama dengan data lain. Nah, kemampuan yang demikian dimiliki oleh SIG. Dengan SIG, kamu bisa menyimpan data dalam komputer dan mengambil kembali data yang diinginkan. Bahkan, kamu dapat mengubah dan menampilkan kembali data keruangan dengan informasi baru.





Agar kamu lebih jelas, perhatikan gambar di atas. Gambar di atas merupakan pencerminan sistem informasi secara garis besar. Di dalam SIG tercermin adanya pemasukan data keruangan dalam bentuk pemrosesan data numerik (angka). Proses pemasukan data ini mendasarkan pada kerja mesin dalam hal ini computer yang mempunyai spesifikasi tertentu. Data sebagai masukan harus bersifat numerik yang berarti data masukan, apa pun bentuknya harus diubah menjadi angka atau digital. Data lainnya adalah data atribut. Setelah data masuk dan disimpan dalam komputer, data dapat dipanggil serta diolah kembali untuk menghasilkan berbagai informasi sesuai masukan sumber data lain.

Pengolahan data ini dilakukan dengan perangkat lunak (software) dalam SIG. Dengan software ini berbagai data geospasial dianalisis, dimanipulasi, serta dikelola sehingga dapat dihasilkan informasi baru yang dapat ditampilkan sesuai kebutuhan baik dalam bentuk peta maupun data-data atributnya. Nah, dengan gambaran ini tentunya kamu bisa menangkap konsep dasar dalam SIG. Bagaimana kesimpulanmu?

0 komentar:

Post a Comment