October 12, 2012


Versi materi oleh Eni A dan Tri H


Beberapa ahli geografi telah menyampaikan definisi SIG. Beberapa definisi tersebut dapat kamu cermati pada geo info berikut.




Definisi Sistem Informasi Geografis menurut para ahli


1. Menurut Marble et.al, 1983
Sistem informasi geografis adalah sistem penanganan data keruangan.


2. Menurut Barrough, 1986
Sistem informasi geografis adalah alat yang bermanfaat untuk pengumpulan, penimbunan, pengambilan kembali data yang diinginkan, pengubahan, dan penayangan data keruangan yang berasal dari kenyataan di permukaan Bumi.


3. Menurut Berry, 1986
Sistem informasi geografis adalah sistem informasi, referensi internal, otomatisasi, dan keruangan.



4. Menurut Calkin dan Tomlinson, 1984
Sistem informasi geografis adalah sistem komputer suatu data yang penting.



5. Definisi Lain
a. Sistem informasi geografis adalah teknologi informasi yang menganalisis, menyimpan, menayangkan baik data keruangan, maupun nonkeruangan.
b. Sistem informasi geografis adalah suatu tata cara yang digunakan untuk menyimpan dan memanipulasi data bereferensi geografis secara manual atau komputerisasi.



6. Menurut Prof. Shunji Nurai
Sistem informasi geografis adalah suatu sistem informasi yang digunakan untuk memasukkan, menyimpan, memanggil kembali, mengolah, menganalisis, dan menghasilkan data bereferensi geografis atau data geospasial untuk mendukung pengambilan keputusan dalam perencanaan serta pengelolaan penggunaan lahan, sumber daya alam, lingkungan, transportasi, fasilitas kota, dan pelayanan umum lainnya.



7. Menurut Aronaff, 1989
Sistem informasi geografis adalah sistem informasi yang mendasarkan pada kerja dasar komputer yang mampu memasukkan, mengolah (memberi dan mengambil kembali), memanipulasi, analisis data, serta memberi uraian.




Secara garis besar berbagai definisi mengenai SIG pada geo info adalah sama. Bahwa sistem informasi menyangkut berbagai data geografis, perangkat keras (hardware), dan software pendukung, serta data hasil olahan. Hal-hal tersebut tercakup dalam komponenkomponen SIG. Sistem informasi geografis sebenarnya bukan hanya sekadar sistem tetapi merupakan suatu teknologi. Secara terminology SIG atau Geographic Information System (GIS) mempunyai beberapa nama.

Nama lain dari SIG adalah Sistem Informasi Geo-Dasar (Geo-Base Information System), Sistem Informasi Sumber Daya Alam (Natural Resource Information System), Sistem Informasi Keruangan (Spatial Information System), dan Sistem Informasi Lahan (Land Information System). Nama-nama lain SIG, umumnya berkaitan erat dengan bidang keahlian para pembuat perangkat lunaknya. Meskipun berbeda dalam penamaan sistem pengolahan ini, tetapi semuanya terdiri atas komponen-komponen yang sama.
K

0 komentar:

Post a Comment