July 28, 2012



Versi materi oleh Bondet Wrahatnala


Toni adalah anak seorang petani yang sangat sederhana. Saat ini, Toni duduk di kelas XII SMA Awangga, yang sebentar lagi akan menempuh ujian akhir. Di kelas, Toni termasuk salah seorang murid yang memiliki prestasi belajar di atas rata-rata, sehingga tidak heran jika ia mempunyai pemikiran yang berbeda dengan kawan-kawannya.

Mengingat kondisi orang tuanya yang tidak memungkinkan untuk dapat membiayai kuliah, Toni lebih memilih untuk mencari beasiswa dari media massa, termasuk internet. Hal itu karena ia paham betul bahwa ia tidak memiliki keahlian tertentu dan ilmunya belum mencukupi jika ia harus memasuki dunia kerja. Setelah sekian lama ia mencari, akhirnya permohonan beasiswanya diterima, dan ia dapat kuliah tanpa harus membebani orang tuanya.

Dari ilustrasi di atas, dapat kita lihat bahwa sosok Toni adalah orang yang sangat menginginkan adanya perubahan, terutama dalam dirinya. Sebagai anak dari keluarga yang dapat digolongkan ekonomi menengah yang tidak mungkin dapat membiayai pendidikan hingga mencapai tingkat sarjana, Toni tidak mau menyerah dan hanya berhenti sampai di SMA saja. Ia ingin bisa kuliah tanpa harus membebani orang tuanya. Dengan memperoleh beasiswa, maka Toni bisa berkuliah.

Dengan demikian telah terjadi perubahan pada diri Toni. Lalu, apakah perubahan itu? Mengapa terjadi perubahan? Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang paling tinggi derajatnya, karena dilengkapi dengan akal dan budi. Dengan menggunakan akal dan budi yang dimilikinya, manusia menciptakan suatu teknologi yang bermanfaat dalam hidupnya agar kehidupannya menjadi lebih baik. Penciptaan teknologi itu didasarkan pada pemenuhan kebutuhan manusia yang sangat beragam.

Hal itu mengingat manusia adalah makhluk dinamis yang tidak akan pernah merasa puas atau cukup dengan keadaan yang ada dan apa yang telah dilakukan atau dimilikinya. Manusia selalu menginginkan yang lebih banyak, bahkan yang lebih baik. Oleh karena itu, manusia selalu ingin mengadakan perubahan-perubahan. Misalnya manusia menciptakan telepon sebagai alat komunikasi dengan tujuan untuk mempermudah interaksi sosial antarmanusia, terutama interaksi jarak jauh.

Perubahan sosial merupakan suatu hal yang sangat penting kaitannya dengan usaha manusia untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan hidupnya. Perubahan dilakukan untuk menuju pada sebuah keadaan yang baru yang berbeda dengan keadaan sebelumnya.

Secara umum, faktor-faktor yang mendorong manusia untuk melakukan perubahan-perubahan adalah sebagai berikut.

1. Rasa tidak puas terhadap keadaan dan situasi yang ada.
2. Timbul keinginan untuk mengadakan perubahan.
3. Sadar akan adanya kekurangan dalam kebudayaan sendiri, sehingga berusaha untuk menutupinya dengan mengadakan perbaikan.
4. Adanya usaha masyarakat untuk menyesuaikan diri dengan keperluan, keadaan, dan kondisi baru yang timbul sejalan dengan pertumbuhan masyarakat.
5. Banyaknya kesulitan yang dihadapi memungkinkan manusia berusaha untuk dapat mengatasinya.
6. Tingkat kebutuhan masyarakat yang semakin kompleks dan adanya keinginan untuk meningkatkan taraf hidup.
7. Sikap terbuka dari masyarakat terhadap hal-hal yang baru, baik yang datang dari dalam maupun dari luar masyarakat tersebut.
8. Sistem pendidikan yang dapat memberikan nilai-nilai tertentu bagi manusia untuk meraih masa depan yang lebih baik.

Dari uraian di atas, dapatkah kamu membuat definisi mengenai perubahan sosial? Marilah kita sejenak menelaah beberapa definisi perubahan sosial yang diungkapkan oleh para ahli yang berasal dari lintas disiplin ilmu sosial dan humaniora. Bagaimanakah definisi perubahan sosial menurut mereka?

1. Parsudi Suparlan
Perubahan sosial adalah perubahan dalam struktur sosial dan pola-pola hubungan sosial yang mencakup sistem status, hubungan keluarga, sistem politik dan kekuasaan, maupun penduduk.

2. J.P. Gillin dan J.L. Gillin
Perubahan sosial adalah suatu variasi dari cara hidup yang telah diterima, baik karena perubahan-perubahan kondisi geografis, kebudayaan materiil, komposisi penduduk, dan ideologi maupun karena adanya difusi ataupun penemuanpenemuan baru dalam masyarakat.

3. Kingsley Davis
Perubahan sosial adalah perubahan-perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat.

4. Hans Garth dan C. Wright Mills
Perubahan sosial adalah apapun yang terjadi (baik itu kemunculan, perkembangan, ataupun kemunduran), dalam kurun waktu tertentu terhadap peran, lembaga, atau tatanan yang meliputi struktur sosial.

5. Robert Mac Iver
Perubahan sosial adalah perubahan dalam hubungan social atau perubahan terhadap keseimbangan hubungan sosial.

6. Selo Soemardjan
Perubahan sosial adalah perubahan pada lembaga masyarakat dalam suatu masyarakat yang memengaruhi sistem sosial, termasuk di dalamnya nilai, sikap, dan pola perilaku dalam suatu kelompok masyarakat.

0 komentar:

Post a Comment