January 27, 2014

Inilah 23 Cara, Langkah dan Strategi Prioritas Menengah Agar Blog atau Postingan Menjadi Peringkat Pertama Search Engine Google. Ini adalah postingan untuk menjelaskan materi yang lain yaitu teknik menengah dalam SEO, karena itu langsung saja kita bahas. Apa saja langkahnya ? Perhatikan kalimat kalimat di bawah ini :





1. Buat sebanyak mungkin content
content adalah segalanya. Semakin banyak content yang ada di dalam site, akan semakin besar kemungkinannya untuk terindeks dan muncul di search engine.

2. Usahakan content website tetap dalam satu tema 
tema atau topik dari keseluruhan site sangat penting. Jika kita memiliki banyak page dengan satu tema, akan meningkatkan kredibilitas tiap page.

3. Peliharalah site kita 
karena page-page yang sudah lama (di domain yang sama) akan memiliki rangking lebih tinggi dibandingkan dengan page yang baru (di dalam domain yang sama).

4. Buat sitemap 
search engine suka sitemap, bukan untuk perankingan, tapi untuk menemukan link dalam website kita. Sitemap dapat berbentuk XML sitemap atau Google sitemap, bahkan sitemap dengan HTML biasapun bisa dipakai.

5. Gunakan 301 redirect untuk permanent redirect 
ketika melakukan redirect page, gunakan selalu 301 http server redirect. Ini akan memberitahukan search engine jika redirect tersebut permanent dan mereka harus mengganti indexnya dengan URL baru. Biasanya untuk para spammer mereka menggunakan tipe redirect yang lain (HTTP 302 redirects dan meta refresh).

6. Gunakan 302 redirect hanya untuk URL yang terlalu panjang atau jelek 
HTTP 302 redirect hanya untuk temporary redirect. Redirect ini hanya digunakan untuk meredirect URL-URL yang jelek agar menjadi lebih user-friendly. Teknik redirect ini akan mengatakan kepada search engine jika URL yang jelek tersebut jangan dihapus dari index, karena ada URL yang user-friendly lain yang cocok dengan URL tersebut Perlu diingat, para spammer juga menggunakan 302 redirect ini untuk mengecoh search engine. Jadi berhati-hatilah jika menggunakan redirect tipe ini.

7. Dapatkan sebanyak mungkin outbound link 
link sangat penting terutama dari site lain. Ini yang disebut outbound link. Jika kita mendapatkan banyak outbound link, akan dapat membantu menaikan page rank. Perlu diingat 1-2 link dari site yang reputasinya bagus akan memiliki nilai yang lebih tinggi dari pada 100 link yang berasal dari link farm.

8. Letakkan keyword phrase di paragraph pertama 
pengulangan keyword phrase dalam content sangat penting. Terutama pada paragraf pertama dan kedua. Perlu diingat lagi, lakukan pengulangan secara wajar dan jangan berlebihan.

9. Letakkan keyword phrase dibagian atas HTML
selain dalam paragraf pertama, letakkan juga content yang berisi keyword phrase dalam dokumen HTML.

10. Letakkan keyword phrase pada alternatif text 
image dapat dipakai untuk meletakkan keyword phrase – sebagai alternatif text. Ini adalah salah satu cara meletakkan keyword phrase ke dalam dokumen tanpa melakukan pengulangan kata. Tetapi kita tetap harus berhati-hati jangan sampai berlebihan, dan akan terkena ban.

11. Besarkan font size yang dipakai untuk menulis keyword phrase
search engine mengetahui jika ada font yang ukurannya lebih besar dari standart font dalam page berarti dia lebih penting dari yang lain. Gunakan CSS atau font tag. Gunakan juga perubahan font size ini paga headline
tag.

12. Formatlah keyword phrase agar lebih menonjol 
pakailah <strong> dan <em> untuk membuat keyword phrases lebih menonjol dari teks lainnya. Search engine akan membaca tag tersebut dan melihatnya lebih dari pada teks lain di sekitarnya.

13. Tulis meta description yang jelas 
search engine menggunakan description meta tag sebagai description di indexnya. Jadi sangat penting untuk mendiskripsikan page kita dengan akurat. Selain search engine akan mengindexnya juga membantu pengunjung/visitor untuk menemukan page kita.

14. Link antar page dalam site - inbound link 
link memang penting, dan link antar page dalam satu site adalah salah satu cara termudah untuk mendapatkan link. Memang link ini tidak penting dalam search engine rangking disbanding link dari eksternal site, tetapi cukup membantu. Selain itu link antar page juga akan membantu search engine spider menemukan semua page di dalam site.

15. Sisipkan link diantara teks 
link yang dapat dimasukkan dalam teks dokumen (external link atau link dalam site) akan merangking lebih tinggi dibanding daftar link atau bentuk link artificial lainnya. Ini dikarenakan search engine menilai content dan link yang bersatu dalam kontek content yang saling terkait.

16. Tetap cari outbound link
semakin tua umur link akan semakin baik. Jika ada 100 link yang di pasang secara bersama-sama, search engine akan melihat kita membeli link, dan akan dianggap sebagai spam.

17. Dapatkan link dari DMOZ dan Yahoo! 
DMOZ dan Yahoo! Serta direktori – direktori lain akan menunjukkan jika page milik kita memiliki keterkaitan dengan bagian dari direktori.

18. Cek inbound link dan outbond link secara periodik untuk pagerank 
setiap kali menempatkan external link ke dalam site, ada resiko dari site yang kita link berasal dari link farm atau "bad neighborhood". Dengan secara periodik melakukan cek atas pagerank dari site-site yang kita link, kita dapat menghilangkan link yang telah berubah menjadi buruk atau tidak layak. Ini membantu untuk menjaga kredibilitas site agar tidak jatuh karena pihak yang melakukan link ke kita.

19. Buatlah link untuk semua major image 
penting untuk selalu membuat link image karena orang sering meng-klik image. Search engine juga menilai lebih content yang memiliki link. Kuncinya adalah selalu menyertakan alternative link. Semua image yang dapat dilihat pengunjung harus ter-link.

20. Page harus selalu up-to-date
page-page yang secara regular di up date akan mendapat prioritas dibanding page lama yang tidak pernah di update. Dalam hal ini tidak hanya membenarkan ejaan yang sudah ada tapi juga melakukan perubahan kecil dan reguler biasanya lebih efektif.

21. Jika harus memakai frame, selalu gunakan noframes tag
frame dan search engine sebenarnya saling bertentangan. Tapi kalau harus memakai frame, berarti harus menyertakan nonframe version.

22. Jika harus memasang Flash, selalu sertakan alternative text
flash dan search engine juga bertentangan, tapi jika harus ada flash berarti harus disertakan juga alternatif text yang mendiskripsikan apa yang ada dalam flash element tersebut. Jika menggunakan flash untuk keseluruhan site, harus disertakan alternatif version dari complete site dalam HTML sehingga search engine dan non-Flash browser dapat melihat dan menampilkannya dengan baik.

23. Flash digunakan untuk bagian yang tidak terlalu penting dalam page
 penggunaan terbaik flash dalam website hanya untuk porsi kecil saja, mungkin untuk bagian yang tidak telalu penting. Search engine dapat melihat flash, tapi melihatnya sebagai image. Berdasarkan pada Google Webmaster Central, site-site yang efektif menggunakan flash adalah "use Flash for rich media but rely on HTML for content and navigation.

0 komentar:

Post a Comment