April 18, 2012




Sumber daya alam adalah semua kekayaan alam, baik berupa benda mati maupun makhluk hidup yang dimiliki oleh semua tempat yang dapat dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Sumber daya alam dapat digolongkan menjadi dua, yaitu sumber daya alam yang dapat diperbarui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.

Indonesia merupakan negara yang kaya sumber daya alam, namun Indonesia juga memiliki keterbatasan sumber daya alam, terutama sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Untuk lebih memahami sumber daya alam, untuk mengetahui kekayaan, dan keterbatasan sumber daya alam Indonesia dalam eksploitasi perlu dipertimbangkan untung ruginya dan kelestariannya.

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui apabila dipakai secara terus-menerus akan habis. Karena sifat produksinya dapat habis, pengusahaan sumber daya alam itu sangat perlu memperhatikan waktu dan kondisi. Sekali barang-barang tambang itu diambil habis, akan habis pula persediaan tambang itu. Contoh barang tambang sebagai sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui dan proses pembentukannya memerlukan waktu sangat lama (jutaan tahun) antara lain batu bara, mika, nikel, mangan, intan, dan berbagai jenis tambang yang lain.
K

0 komentar:

Post a Comment